Cara Ampuh Membuat Hasil Rekaman Lebih Baik Dengan Adobe Audition

trending

Hotline

Cara Ampuh Membuat Hasil Rekaman Lebih Baik Dengan Adobe Audition

Di zaman sekarang ini pastinya kita memiliki banyak sekali peluang usaha yang bisa kita jadikan untuk bisa mendapat penghasilan maupun rezeki sebagai penopang hidup kita, semakin berkembangnya teknologi juga membuat peluang usaha tersebut bisa didapat dari berbagai macam sumber, seperti internet, koran, majalah dan lain sebagainya.

Dan seterusnya adalah tinggal bagaimana cara anda dalam memanfaatkan peluang usaha yang ada. Jika anda ingin mendapat penghasilan dari usaha anda, anda  juga perlu memiliki keahlian yang sesuai dengan usaha atau pekerjaan yang anda lakukan, hal ini dikarenakan jika keahlian atau skil anda tidak sesuai dengan usaha ang anda lakukan maka dikhawatirkan anda hanya akan mengalami banyak masalah kedepannya.
tips ampuh membuat hasil rekaman audio lebih baik dengan audition
 
Penyesuaian skil atau keahlian sangat penting bagi anda dalam meulai sebuah usaha, misal jika anda merupakan seorang yang ahli dalam bidang permesinan maka anda diwajibkan mencari peluang kerja atau usaha yang sesuai dengan bidang tersebut, semisal bekerja di pabrik sebagai seorang operator mesin, atau seorang teknisi pabrik.

Berbeda dengan anda yang memiliki keahlian dalam bidang multimedia, anda harus bisa mencari peluang usaha yang sesuai dengan keahlian multimedia anda tersebut. Berbeda dengan bidang keahlian lain jika anda memiliki keahlian di bidang multimedia maka akan banyak sekali peluang usaha yang bisa anda manfaatkan, seperti, editor, mixer, penulis, animator dan lain sebagainya.


Salah satu peluang yang bisa anda jadikan sebagai penghasilan anda di bidang multimedia adalah dengan menjadi seorang sound engineering. Sound engineering merupakan sebuah pekerjaan dimana anda perlu memiliki indra pendengaran yang bagus agar dapat mengetahui apakah kualitas suara yang anda hasilkan sudah baik atau belum.


Pekerjaan ini mencakup banyak hal mengenai audio, seperti aransemen, mixing, dan rekaman. Berbicara soal rekaman apakah anda pernah mendengar kualitas suara yang anda hasilkan saat melakukan proses rekaman begitu buruk ?, nah disinilah tugas seorang sound engineering dimulai dengan memperbaiki kualitas suara yang telah dihasilkan dari proses rekaman.


Lalu apakah kita sendiri bisa memperbaiki kualitas suara yang kita hasilkan saat rekaman ?, tentu saja dengan perkembangan teknologi yang semakin maju kita dapat melakukan hal tersebut sendiri, tentunya anda perlu memenuhi persyaratan tertentu yakni sebuah komputer atau laptop yang berisi software audio editing.


Ada banyak sekali software audio editing yang bisa anda manfaatkan di internet, namun kali ini kita akan membahas cara untuk memperbaiki kualitas suara kita menggunakan software adobe audition. Ada 5 cara atau tips yang bisa anda coba untuk dapat memperbaiki kualitas suara hasil rekaman anda dengan software yang satu ini, apa saja itu ?.



Berikut adalah 5 tips jitu membuat hasil rekaman suara menjadi lebih baik dengan menggunakan adobe audition


Dengan membaca artikel ini saya sebagai penulis berharap anda bisa menemukan lebih banyak peluang usaha dengan memanfaatkan keahlian sound mixing anda.


Dengan Menggunakan Noise reduction/restoration


Cara pertama yang bisa anda gunakan adalah menggunakan effects Noise reduction/restoration. Ada dua cara dalam menggunakan effect yang satu ini pertama, pilih file audio yang ingin anda perbaiki kualitas suaranya, selanjutnya klik menu effects dan pilih Noise reduction/restoration dan pilih capture noise print, kemudian pilih effects Noise reduction (process) dan aturlah seperti apa kualitas audio atau suara yang anda inginkan.
 

Cara kedua adalah dengan kembali mengklik menu effects, dan pilih Noise  reduction/ restoration, kemudian pilih Adaptive Noise Reduction, cara kedua ini tergolong mudah karena anda tidak perlu mengatur kualitas suara yang anda inginkan, melainkan anda hanya perlu memiih sebuah pengaturan yang telah dibuat oleh program, dan selanjutnya suara anda akan diperbaiki dengan sendirinya. Dan ingat sebelum anda memberi effect pada suara anda, anda harus menekan Ctrl+A pada file audio anda agar suara anda bisa berubah.

Dengan Menggunakan Dynamic Processing


Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk memperbaiki kualitas suara anda di adobe audition adalah dengan, menggunakan effect Dynamic processing. Caranya adalah dengan menekan Ctrl+A pada file audio anda, dan selanjutnya tekan menu effects, pilih amplitude and compression, dan pilih Dynamic processing.


Dengan menggunakan effect yang satu ini kualitas suara anda akan diperbaiki dengan dua cara yakni dengan, memilih pengaturan atau preset yang telah di buat oleh program dan dengan mengaturnya sendiri sesuai selera anda dengan menaikan atau menurunkan grafik yang telah di sediakan.


Dengan menggunakan Hard Limiter


Selanjutnya cara yang bisa anda gunakan untuk memperbaiki kualitas suara anda adalah dengan menggunakan salah satu effect yakni Hrd Limiter. Cara mengaktifkannya adalah seperti biasa anda perlu menekan Ctrl+A pada file audio anda, kemudian pilih menu effects, selanjutnya pilih  amplitude and compression, dan pilih Hard Limiter.


Dengan menggunakan effect ini anda bisa mengaturnya dengan pengaturan atau preset yang telah disediakan, dan juga bisa mengaturnya dengan sendiri sesuai selera anda. tapi lebih direkomendasikan dengan memilih preset Limit to -1db, jika anda tidak pernah melakukan mixing audio sebelumnya.


Dengan menggunakan Parametric equalizer


Cara berikutnya yang bisa anda coba untuk memperbaiki kualitas suara anda adalah dengan menggunakan effect parametric equalizer, cara mengaktifkan dan menggunakan effect ini adalah dengan menekan Ctrl+A pada file audio anda, kemudian klik menu effects, pilih Filter and Eq, dan pilih Parametric equalizer.


Anda bisa menggunakan dua cara dalam menggunakan effect iniuntuk memperbaiki kualitas suara anda yakni dengan, memilih preset yang telah disediakan dan anda juga bisa mengaturnya sendiri lewat grafik yang telah disediakan. Namun direkomendasikan untuk menggunakan preset vocal enchancher kemudian atur grafiknya sesuai yang anda inginkan, jika anda belum terbiasa dalam editing audio.


Dengan menggunakan Graphic Equalizer (20 Bands)


Cara terakhir untuk memperbaiki kualitas suara anda adalah dengan menggunakan effect Graphic Equalizer (20 Bands). Cara mengaktifkan dan menggunakan effect ini adalah dengan menekan Ctrl+A pada file audio anda, selanjutnya pilih menu effects, kemudian pilih Filter and Eq, dan pilih Graphic Equalizer.


Anda bisa menggunakan effect ini dengan memilih preset yang telah disediakan oleh program atau juga bisa mengaturnya sesuai dengan keinginan anda sendiri. Namun direkomendasikan bagi anda untuk menggunakan preset vocal Magic (breath) bagi anda yang belum terbiasa dalam editing audio.


Baca Juga : Tips Mencegah Dan Mengatasi Komputer Atau Laptop Sering Not Responding

Sekian postingan kali ini mengenai 5 Tips jitu membuat hasil rekaman suara menjadi lebih baik dengan menggunakan adobe audition, semoga bermanfaat dan bila ada pertanyaan bisa anda tanyakan di kolom komentar.

Tempat dimana kalian bisa menemukan berbagai tips serta berita seputar game,teknologi,sosial media,berita unik dan juga berbagai trik menghasilkan uang secara online.