TERBARU CUYY

Cara Membuat Laptop Tetap Awet Dan Tahan Lama Dan Tidak Mudah Rusak

Sekarang ini banyak sekali orang yang memiliki perangkat gadget modern yang banyak dimiliki oleh orang-orang, diantaranya adalah laptop. Dengan desain yang minimalis dan praktis membuat banyak orang yang ingin memilikinya dibandingkan dengan komputer. 

Mudah dibawa kemanapun juga merupakan keunggulan dari laptop dibandingkan 
perangkat komputer yang memerlukan banyak sekali perangkat untuk menggunakannya.
Bukan hanya itu laptop kebanyakan juga telah memiliki spesifikasi yang sangat tinggi dan juga dibandrol dengan harga yang terbilang cukup murah. Bukan hanya para pekerja kantoran yang menggunakan laptop melainkan banyak juga pelajar yang menggunakannya dalam pembelajaran seperti pembuatan proposal, karya ilmiah dan lain sebagainya.
cara merawat laptop dan membuatnya awet dan tahan lama dan tidak mudah rusak

Berbeda lagi dengan pelajar multimedia yang menggunakan perangkat ini untuk pembuatan film, desain grafis, web dan lain sebagainya.

Nah setelah mengetahui beberapa hal tersebut maka bisa dikatakan laptop memiliki peran penting dalam pekerjaan dan kegiatan sehari-hari kita. Oleh karena itu kita perlu menjaga dan merawat laptop kita agar lebih awet dan tidak mudah rusak. Bagaimana caranya ?, berikut adalah cara membuat laptop awet dan tidak mudah rusak.

Beberapa Tips Agar Laptop Kesayangan Anda Tidak Mudah Rusak dan Tetap Awet :

Bersihkan Laptop

Cara pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan membersihkan laptop anda secara rutin, setidaknya anda bisa membuat jadwal tersendiri dalam membersihkan laptop anda entah itu per hari, per minggu atau per bulan.

Dengan memebersihkan laptop anda maka laptop anda akan jadi lebih awet dan terhindar dari kerusakan-kerusakan berat, karena laptop yang kotor akan mudah sekali terkena kerusakan dimana debu yang masuk ke dalam laptop dapat membuat perangkat yang ada di dalam laptop anda terkena banyak bakteri sehingga kinerja laptop anda akan memburuk, dan lama kelamaan laptop anda akan rusak.

Membersihkan laptop anda juga dapat membuat anda nyaman melakukan banyak pekerjaan di laptop. Dikarenakan laptop yang bersih dan tampak seperti baru, hal ini juga akan membuat anda tidak mudah terkena penyakit ketika menggunakan laptop anda, karena bakteri tidak akan muudah masuk kedalam tubuh anda dikarenakan laptop anda yang bersih.

Untuk membersihkan laptop anda bisa mulai dari bagian luar laptop seperti layar laptop, keyboard dan lain sebagainya. Selanjutnya jika anda memang sudah siap dan yakin untuk membersihkan bagian dalam laptop anda maka bongkarlah laptop anda dengan menggunakan obeng, dan bersihkan sedikit-demi sedikit debu yang ada di dalam laptop anda.

Anda dapat menggunakan banyak sekali alat kebersihan untuk membersihkan laptop anda, untuk membersihkan debu yang ada di keyboard dan di dalam laptop anda dapat menggunakan sikat gigi bekas, kuas cat dan juga lap bekas. Sedangkan untuk layar LCD laptop anda bisa menggunakan lap kain bekas untuk membersihkannya.

Gunakan Laptop Secara Rutin

Layaknya sebuah sepeda motor yang perlu dipanasi  agar tidak mudah mogok, laptop juga perlu dinyalakan secara rutin agar tidak tidak mudah rusak. Hal ini dikarenakan jika anda tidak sering mengaktifkan perangkat yang ada di dalam laptop anda maka perangkat tersebut akan terbiasa dengan keadaan nonaktif.

Dan ketika anda menyalakannya setelah beberapa lama kemudian, yang akan terjadi malah biasanya konsleting  dan perangkat tidak bekerja yang menyebabkan kerusakan laptop. Ketika anda tidak pernah menggunakan laptop anda dalam kurun waktu yang lama juga dapat membuat banyak debu yang masuk ke dalam laptop anda.

Jika ingin menggunakan laptop anda secara rutin agar tidak mudah rusak bukan berarti anda harus menggunakan laptop anda sepanjang waktu. Setidaknya gunakanlah laptop anda selama sehari sekali agar perangkat komputer anda terbiasa dengan kondisi aktif dan tidak membuat perangkat tersebut mati dengan sendirinya karena tidak sering di aktifkan.tetapi tetap ingat untuk menggunakan laptop secara wajar.

Jangan Sering Menggunakan Laptop Sampai Baterai Habis

Hal ini akan membuat baterai laptop anda awet dan tidak mudah rusak, jika anda menggunakan laptop anda terus-menerus sampai baterai anda habis maka hal ini akan membuat baterai laptop anda tidak mudah awet dan bertahan hanya sampai beberapa menit saja dan sampai bisa membuat baterai anda rusak dimana baterai anda tidak akan terisi ketika dicharge dan untuk mengaktifkan laptop harus terus menggunakan charge.

Jika anda ingin agar baterai laptop anda tidak cepat habis dan tidak mudah rusak juga awet maka hindarilah aktifitas berat laptop dengan menggunakan baterai. Contoh aktifitas berat yang dilakukan laptop yang membuat baterai cepat habis salah satunya adalah bermain game berat, jika anda ingin menggunakan laptop anda untuk aktifitas berat maka gunakanlah charge untuk melakukannya karena hal ini akan membuat baterai anda awet dan tahan lama.

Selanjutnya jika anda ingin agar baterai laptop anda bertahan cukup lama tanpa charger maka redupkanlah layar laptop anda, hal ini terbukti ampuh dimana baterai laptop akan menggunakan energi yang lebih sedikit untuk menyalakan laptop anda selama berjam-jam.

Hal lain adalah dengan tidak sering menggunakan laptop anda sampai baterai habis, jika sudah ada peringatan di laptop anda mengenai baterai lemah, maka segeralah matikan laptop anda karena hal ini akan membuat baterai laptop anda lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.

Selalu Lakukan Perawatan Rutin Hardware Maupun Software

Hal terakhir yang paling penting agar laptop anda awet dan tidak mudah rusak adalah, dengan melakukan perawatan rutin hardware dan software laptop anda. seperti layaknya membersihkan laptop anda, anda juga perlu membuat jadwal tersendiri yang harus rutin untuk melakukan perawatan laptop anda.

Jika perawatan hardware dilakukan dengan membersihkan laptop luar dan dalam maka perawatan software juga perlu dilakukan dengan bantuan software lainnya. Kenapa perlu melakukan perawatan software ?. perawatan software dilakukan agar laptop kita terhindar dari kerusakan software yang disebabkan oleh virus komputer, malware dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana cara merawat software yang ada dikomputer ?, hal yang perlu diperhatikan pertama kali adalah anda perlu untuk mendahulukan kegiatan perawatan software terlebih dahulu sebelum perawatan hardware. Selanjutnya cek suhu processor anda dengan software khusus mengecek suhu yang dapat anda cari di intirnet.

Lalu hapus beberapa file .tmp yang ada di dalam laptop anda, file temporary merupakan file yang akan bertambah terus-menerus ukurannya sehingga dapat membuat ruang harddisk anda penuh.

Anda dapat menggunakan software Glary Utilities dan Ccleaner untuk menghapus file temporary yang ada di dalam laptop anda. atau anda juga dapat mencarinya sendiri di Local Disk C:/Windows/Temp dan hapus file yang ada di dalamnya.
Selanjutnya hapuslah virus-virus yang bersarang di laptop anda dengan menggunakan antivirus. Ada banyak sekali antivirus yang bisa anda dapatkan di internet, tapi saya sarankan untuk menggunakan antivirus yang asli agar proteksinya lebih ketat.

Nah jika perawatan software telah dilakukan maka selanjutnya menuju ke tahap perawatan hardware yaitu dengan membersihkan bagian luar dan dalam Laptop. Perhatikan juga data dari perawatan software tadi seperti suhu Laptop, jika suhu Laptop anda terbilang cukup tinggi atau lebih dari 70 derajat maka disarankan untuk mengoleskan kembali thermal paste ke processor anda.
 
Baca Juga : Cara Mengatasi Ram Pc atau Laptop Penuh Dan Meningkatkan 3x Lipat

Sekian postingan hari ini mengenai cara membuat laptop awet dan tidak muudah rusak, bila ada pertanyaan silahkan ditambahkan di kolom komentar.trimakasih