TERBARU CUYY

Cara agar video cover musik di youtube mudah untuk dimonetisasi

Di zaman sekarang ini untuk bisa mendapatkan penghasilan bisa dalam berbagai cara, bahkan untuk mendapatkan uang atau penghasilan di internet sekarang ini juga bisa di lakukan dengan banyak cara seperti dengan desain grafis, membuat aplikasi ataupun membuat sebuah video kreatif. Bahkan sekarang ini anda juga bisa mendapatkan uang atau penghasilan di internet hanya dengan mengklik iklan yang ada di internet.

Dengan semakin banyaknya metode dan cara mencari uang di internet yang beberapa telah di sebut di atas, tentu membuat banyak orang juga tertarik dan mencoba peluang bisnis yang bisa mereka kerjakan di internet. Ada yang menjadi seorang penulis artikel di sebuah blog ada juga yang membuat sebuah video kreatif di situs video youtube.

cara agar video cover musik di youtube bisa dimonetisasi
Jika anda ingin menjadi seorang blogger dan penulis artikel anda bisa mendapatkan penghasilan atau uang setiap harinya dari iklan adsense google. Keuntungan yang di dapat pun begitu menguntungkan karena setiap kali iklan adsense di klik oleh orang yang membaca artikel anda, maka banyaknya klik itulah yang akan menjadi penghasilan yang akan anda dapatkan dari blog yang anda buat.

Namun jangan menganggap kalau untuk bisa mendapatkan penghasilan di blog itu sangat mudah, karena anda perlu memperhatikan banyak persyaratan yang perlu anda lakukan pada blog anda, agar blog anda layak untuk di pasangi iklan adsense dan bisa mendapat penghasilan darinya.

Pekerjaan lain yang bisa anda coba untuk bisa mendapat penghasilan dari internet adalah dengan membuat video kreatif di youtube atau juga bisa disebut dengan menjadi seorang youtuber. Sama halnya dengan blog, anda bisa mendapatkan penghasilan lewat channel anda melalui iklan google adsense yang anda pasang di channel anda.

Apa syarat agar video bisa dimonetisasi ?

Dan seperti halnya blog channel dan video anda juga perlu menyesuaikan berbagai macam persyaratan agar video anda bisa menghasilkan uang lewat iklan adsense. Persyaratannya antara lain seperti, anda telah terverifikasi oleh youtube, video anda di tonton sebanyak 10.000 viewers dan juga tidak ada laporan pelanggaran hak cipta pada video anda.

Untuk video yang bisa anda buat dan upload di youtube pun bisa dalam berbagai macam bentuk seperti, video tutorial, video musik dan video perjalanan. Untuk video yang paling mudah di monetisasi atau mendapat penghasilan adalah video tutorial, karena hampir tidak mengandung pelanggaran hak cipta sama sekali jika anda tidak menggunakan backsound lagu, dan keunggulan lainnya adalah video tutorial begitu bermanfaat dan banyak di cari oleh para pemula.

Mengapa video cover musik sulit dimonetisasi ?

Video yang mungkin akan sangat sulit untuk di monetisasi atau di dapat penghasilannya salah satunya adalah video cover musik. Hal ini dikarenakan banyaknya hal yang begitu rentan dengan pelanggaran hak cipta mulai dari instumen musiknya sampai gambar-gambar dan juga yang akan anda tambahkan di video cover musik anda.

Nah untuk terhindar dari laporan hak cipta pada video youtube pun harus dilakukan dengan cara-cara yang merepotkan, mulai dari meminta izin pada sang pembuat lagu yang anda cover, membuat izin pada pembuat gambar yang ingin anda tambahkan di video cover musik anda. dan banyak hal lain yang perlu anda lakukan untuk dapat menghindari pelanggaran hak cipta pada video cover musik anda.

Selain menghindari pelanggaran hak cipta anda juga bisa melakukan beberapa cara yang akan di sebutkan satu-persatu di bawah ini, agar video cover musik anda dapat dengan mudah anda monetisasi. apa saja itu?

Berikut adalah cara agar video cover musik di youtube mudah untuk di monetisasi

Kreasikan kembali instrumen musiknya

Cara pertama yang perlu anda lakukan agar video cover musik anda bisa dengan mudah di monetisasi adalah dengan mengkreasikan intrumeen musik yang ingin anda cover. Ada berbagai cara untuk mengkreasikan instrumen suatu lagu, anda bisa mengkrasikannya dengan berbagai alat musik yang anda punya di rumah seperti, piano, gitar dan lain sebagainya atau bisa anda kreasikan lewat software audio editing seperti fl studio.

Dengan merubah sediki instrumen musik dari lagu yang akan anda buat sebagai video cover musik, anda bisa dengan mudah menghindari laporan pelanggaran hak cipta karena instrumen musik yang anda buat tidak sama dengan instrumen aslinya, jadi anda tidak perlu izin dari berbagai pihak untuk bisa memonetisasi video cover musik yang anda buat.

Baca Juga : Cara Ampuh Membuat Hasil Rekaman Lebih Baik Dengan Adobe Audition

Berhati-hatilah dalam memilih gambar dan video yang ingin anda tambahkan

Cara selanjutnya yang harus anda lakukan agar video cover musik anda mudah untuk di monetisasi adalah dangan memfilter berbagai gambar dan juga video yang ingin anda tambahkan pada video cover musik anda. jangan sampai video atau gambar yang ingin anda tambahkan pada video cover musik anda pernah tampil di salah satu video di youtube, karena anda mungkin bisa terkena laporan pelanggaran hak cipta dari pembuat video tersebut.

Anda bisa mengakalinya dengan membuat dan mendesai gambar anda sendiri bagi video cover musik yang akan anda buat. Atau jika anda masih tetap ingin menggunakan gambar yang pernah tampil di sebuah video youtube maka anda bisa dengan sedikit mengeditnya, dengan begini sang pemilik gambar asli tidak akan marah dan tidak akan membuat laporan pelanggaran hak cipta kepada video cover musik anda.

Untuk video anda juga harus bisa sekreatif mungkin dalam membuatnya, anda bisa membuatnya dengan potongan berbagai foto atau gambar yang anda desain sendiri atau membuat sebuah kartun animasi di video anda. dan jika anda ingin aman dan mudah anda bisa langsung merekam diri anda sendiri saat memainkan alat musik dan saat anda bernyanyi ketika membuat video cover musik. Dengan hal ini video cover musik anda pasti mudah untuk di monetisasi.

Baca Juga : Tips Dan Cara Menambah Tag Video Youtube

Aktifkan bagi hasil pendapatan

Cara terakhir dan paling final untuk digunakan jika anda terdesak atau tidak memiliki banyak modal untuk melakukan berbagai cara yang tealh di sebutkan di atas adalah, dengan mengaktifkan fitur bagi hasil pendapatan pada video cover musik anda.

Hal ini dilakukan jika anda khawatir video cover musik anda memiliki instrumen dan video yang bukan buatan anda sendiri, dengan cara ini hasil pendapatan ankan dibagi rata kepada pemilik asli lagu yang anda cover dan juga anda sendiri. Anda juga terhindar dari laporan pelanggaran hak cipta, karena sang pemilik asli merasa diuntungkan jika anda membagi hasil pendapatan anda kepada dirinya.

Berikut adalah langkah yang perlu di perhatikan untuk mengaktifkan fitur bagi hasil pada video cover youtube anda :

  • Aktifkan akun Anda untuk monetisasi, jika belum melakukannya. Buka tab Monetisasi di setelan akun.
  • Cari video lagu cover yang memenuhi syarat di Pengelola Video. Pada video tersebut, Anda akan melihat pesan: "Konten pihak ketiga yang cocok" dan ikon simbol dolar abu-abu.
  • Klik ikon simbol dolar abu-abu di samping video. Pada tab Monetisasi, centang kotak di samping pesan yang berbunyi: "Monetisasi video saya. Ini adalah versi cover yang saya bawakan dari lagu yang ditulis orang lain. Pelajari lebih lanjut".
  • Video Anda kemudian akan ditinjau untuk diperiksa, apakah berisi konten pihak ketiga di luar lagu pihak ketiga tersebut atau tidak.

  • Anda akan segera diberi tahu jika ada informasi lebih lanjut yang diperlukan.

Baca Juga : Tips Menjadi Youtuber Musik Sukses

Sekian postingan kali ini tentang cara agar video cover musik di youtube mudah untuk dimonetisasi, semoga bermanfaat dan bila ada pertanyaan bisa anda tambahkan di kolom komentar.