TERBARU CUYY

Inilah penyebab Kenapa Game Indie Cukup Populer Dengan Game Kualitas AAA

Di zaman sekarang ini sudah banyak sekali jenis game yang telah diciptakan, berbagai perusahaan game pun terus didirikan dan melakukan berbagai perubahan signifikan pada elemen yang terdapat di dalam semua game yang mereka buat. Berbagai perusahaan atau developer game pun berlomba-lomba untuk membuat berbagai game unik agar game mereka laris, dan banyak dimainkan oleh para pemain di seluruh dunia.

Meskipun seringkali game dibuat oleh berbagai perusahaan-perusahaan besar, namun ada juga beberapa game yang dibuat hanya oleh sebuah kelompok kecil saja. Game yang biasa dibuat oleh beberapa orang atau satu kelompok kecil ini biasa disebut dengan game indie,pembuatan dan pendistirbusian game langsung dikerjakan oleh semua anggota kelompok tersebut, tanpa adanya bantuan dari berbagai penerbit video game ternama.

Mengingat pengerjaanya yang hanya dilakukan oleh beberapa orang atau kelompok kecil, pastinya biaya yang dihasilkan ketika mengerjakan game indie pun relatif lebih kecil. Tapi meski begitu kualitas dari game indie juga tak bisa dipandang sebelah mata, karena meski membutuhkan biaya kecil dan hanya dibuat oleh beberapa orang game indie memiliki kualitas yang tak kalah bagusnya dengan game-game buatan developer besar.

Dengan kualitas yang cukup bagus itu membuat banyak game-game indie populer hingga saat ini, salah satu contoh game indie yang sangat populer adalah Minecraft. Meski di dalam game ini hanya berisi balok-balok kotak akan tetapi banyak sekali orang yang memainkan game ini, hal ini dikarenakan desain dari gamenya yang dikemas dengan begitu unik dan menarik.


Inilah penyebab Kenapa Game Indie Cukup Populer  Dengan Game Kualitas AAA
flickr.com

Sudah banyak game indie yang telah dibuat hingga sekarang ini, salah satu game indie populer di zaman ini adalah little nightmares, Undertale, Cuphead dan juga unravel. Selain itu banyak juga game indie yang dibuat oleh developer indonesia dan cukup populer di kalangan gamer internasional, contoh game indie buatan anak bangsa yang cukup populer adalah Dreadout.

Melihat berbagai penjelasan diatas pastinya kita bertanya-tanya, mengapa game indie bisa begitu populer, padahal game tersebut hanya dibuat oleh kelompok kecil dengan biaya yang sedikit dibandingkan oleh produsen gaming besar. Dan pada postingan hari ini kita akan menjawab berbagai pertanyaan tentang alasan kenapa game indie cukup populer hingga saat ini.

Tema yang unik

Alasan pertama yang membuat game indie cukup populer hingga saat ini adalah, dikarenakan tema di dalam gamenya yang unik. Memang game akan semakin menarik perhatian kita untuk dimainkan apabila tema cerita dan storylinenya dibuat oleh berbagai produser terkenal, salah satu contoh produser terkenal adalah Hideo Kojima yang telah membuat berbagai skenario dan tema dari seri game terkenal yakni Metal Gear Series.

Meski begitu kita juga tidak boleh meremehkan berbagai penulis-penulis cerita dan pembuat ide cerita yang masih pemula, karena penulis-penulis pemula terebut biasanya akan membuat sebuah dobrakan yang dapat menghasilkan sebuah ide cerita dan naskah cerita yang beda dari yang lain.

Mungkin kita sering menjumpai berbagai game indie yang dibuat dengan tema misteri dan horror. Sebuah tema misteri dan horror pastinya harus dapat membuat para pemain untuk bisa merasakan ketegangan sewaktu memainkannya, dan tentu saja berbagai misteri yang mebuat pemain bertanya-tanya pun harus ditambahkan, karena dengan begini maka pemain dapat merasakan suasana ketegangan yang terjadi saat memainkan game tersebut.

Sebut saja game horror indie seperti Limbo dan yang terbaru adalah Little Nightmares, saat kita pertama kali memainkan game tersebut, maka kita akan mendapati karakter yang kita mainkan secara tiba-tiba berada di dalam sebuah dunia menyeramkan tanpa tahu sebab akibatnya sama sekali, hal ini tentunya akan membuat para pemain bertanya tanya dan memainkan game tersebut sampai selesai agar dapat mengetahui kenapa karakter utama dari game tersebut secara tiba-tiba masuk ke dunia lain.

Mengingat sedikitnya orang yang bergabung dalam pembuatan game indie, maka penyampaian cerita dari game indie pun biasanya tidak dilakukan dengan menyajikan cutscene animasi dan dubbing suara. Akan tetapi biasanya cerita yang kita dapat dari game indie akan lebih jelas, karena biasanya cerita disajikan alam bentuk teks seperti visual novel, dan yang uniknya lagi cerita biasanya akan disampaikan melauli potongan-potongan gambar, sehingga membuat kita berpikir keras saat mencoba menganalisa gambar-gambar yang ditampilkan sebagai penyampaian cerita.

Desain tampilan yang unik dan beda dari yang lain

Hal berikutnya yang menjadi alasan kenapa game indie sangat populer hingga saat ini adalah, dikarenakan desain tampilannya yang unik dan beda dari yang lain. jika anda bosan dengan desain game sekarang ini yang hanya itu-itu saja dan Cuma mementingkan kualitas gambar yang HD, maka anda bisa menghilagkan kebosanan tersebut dengan cara memainkan berbagai macam game-game indie yang unik.

Salah satu contoh game dengan desain tampilan yang unik adalah Minecraft, tampilan dari game yang satu ini hanya berupa kotak-kotak balok. Entah itu binatang, pohon, pegunungan, monster dan rumah semua hanya disajikan dalam satu jenis bentuk tampilan yakni balok kotak. Meski begitu game ini cukup diminati, hal ini dikarenakan sistem open worldnya yang mengajak para pemain untuk lebih kreatif memanfaatkan segala peralatan dan bahan di dalam game ini.

Biasanya game-game indie juga menggunakan desain tampilan yang relatif simpel, bahkan beberapa game indie juga masih menggunakan desain piksel seperti game-game zaman terdahulu. Untuk desain tampilan piksel biasanya banyak diterapkan pada game dengan tema RPG, namun meski begitu dengan didukung desain karakter dan tema cerita yang unik pastinya akan membuat game indie menarik untuk dimainkan.

Iringan musik sangat bagus, unik dan sesuai dengan suasana dan tema game

Selain desain dan tema yang unik, tentu saja musik sangat penting untuk kesuksesan sebuah game. Begitu pula dengan game indie. Game indie tak hanya memiliki desain dan cerita yang unik, namun musiknya yang ringan pun cukup menyentuh hati para gamer saat mendengarkan lantunan iringan musiknya ketika memainkan sebuah game indie.

Sebuah musik dengan irama yang bagus tak hanya dapat diciptakan oleh para pemusik professional, dan kita tak bisa meremehkan para komposer pemula yang masih coba-coba dalam membuat sebuah musik bagi game indie yang mereka buat, karena mungkin secara tak sengaja iringan musik yang enak untuk di dengar bisa di dapat walau hanya membuat iringan musik secara coba-coba.

Selain itu iringan musik dari game indie biasanya sesuai dengan suasana yang teradapat di dalamnya, jika game memiliki tema horror misteri,  biasanya musik akan memiliki iringan yang sepi, sunyi dan bisa secara tiba-tiba menjadi mencekam. Hal ini tentunya membuat para pemain menikmati game tersebut, karena iringan musiknya yang sesuai dengan suasana yang terdapat di dalam game.


Baca Juga: Headset Rusak ? Pakai Beberapa Tips Unik Ini Dijamin 100%

Ringan dan memiliki ukuran yang kecil sehingga mudah untuk dimainkan

Alasan berikutnya yang membuat game indie cukup populer hingga sekarang ini  adalah, ukurannya yang kecil dan ringan untuk dimainkan di segala jenis komputer. Beberapa pembuat game indie biasanya menggunakan berbagai software developing software yang murah dan mudah untuk digunakan seperti Unity dan RPG maker. Software-software tersebut ukurannya kecil dan mudah untuk digunakan, sehingga membuat para developer game indie yang masih pemula tertarik untuk membuat game menggunakan software tersebut.

Klasik

Yup hal terakhir yang membuat game indie masih populer hingga saat ini adalah, karena game ini menambahkan berbagai unsur klasik di dalam gamenya. Mulai dari grafis, cerita, karakter dan musik biasanya memiliki unsur-unsur klasik layaknya game-game zaman tedahulu, hal inilah yang telah membuat game indie berhasil bersaing di pasaran, melawan berbagai game-game ternama yang dibuat oleh developer-developer besar.


Baca Juga: 5 Game Menakjubkan Ini Ternyata Hanya Dibuat Oleh Satu Orang Saja


Sekian postingan kali ini tentang alasan kenapa game indie cukup populer hingga sekarang, semoga bermanfaat, dan bila masih ada hal yang belum jelas maka anda bisa menanyakannya melalui kolom komentar.